Selasa, 31 Januari 2012

Hewan Yang Terancam Punah

Saat ini banyak hewan yang berada dalam bahaya kepunahan, yang bisa punah selamanya seperti dodo. Kita menyebutnya hewan terancam punah.

  • Spesies
Setiap hewan yang berbeda disebut spesies. Ratusan spesies baru ditemukan setiap tahun, tetapi ribuan spesies baik yang diketahui maupun tidak berada dalam bahaya kepunahan. Beberapa mati karena racun dari pabrik atau sawah. Dan beberapa juga diburu untuk kulitnya, oleh karena itu habitatnya menjadi hancur.

  • Hamparan alam yang terus berubah
Jumlah manusia yang lahir terus bertambah setiap tahunnya, oleh karena itu semakin sedikit pula tempat atau habitat yang tersedia bagi margasatwa untuk hidup. Banyak hutan yang dirubah untuk kota, jalan, pemukiman, pertenakan, dan pertanian.

  • Tercemarnya dunia
Banyak limbah mengotori dunia yang dihasilkan oleh pabrik, kota, dan lalu-lintas. Limbah ini menyebabkan polusi. Dan polusi dari pabrik bisa saja mengalir ke sungai atau ke laut. Karena itu terkadang banyak ikan yang mati karena keracunan, dan burungpun mati karena memakan ikan yang terkena racun. Selain itu pestisida adalah salah satu pencemaran. Tujuannya agar hama mati, tapi hewan yang tidak berbahayapun ikut mati.
  • Memburu hewan
Beberapa hewan diburu untuk diambil kulitnya, yang kemudian dibuat menjadi pakaian. binatang lainnya diburu untuk diambil gadingnya seperti pada gajah, yang kemudian dijadikan sebagai ornamen atau perhiasan.
Beberapa spesies yang lainnya diburu untuk dipelihara.
World Wide Found
  • Konservasi
Konservasi adalah kelompok sukarelawan yang bekerja di banyak negara untuk menyelamatkan spesies yang terancam punah. Mereka juga meminta untuk dibuatkan undang-undang untuk melindungi hewan yang terancam punah.
  • Kawasan yang dilindungi
Banyak negara yang menyediakan kawasan yang dilindungi seperti taman nasional atau suaka alam. Di wilayah ini hewan liar dan habitatnya dilindungi, dan tak seorangpun boleh membangun dan berburu disana karena akan melanggar undang-undang.

1 komentar: