Jumat, 27 Januari 2012

Sinar Matahari

Sinar matahari adalah energy yang dihasilkan oleh matahari, yaitu sebuah bola raksasa panas yang berada di tengah tata surya. Tanpa energi matahari, tidak akan ada cahaya dan kehidupan di bumi.


  • ·        Panas dan dingin

Beberapa tempat di bumi menerima lebih sedikit panas dan cahaya matahari dibandingkan tempat lainnya. Lengkungan bumi membuat cahaya matahari menyebar ke daerah yang luas di permukaan bumi. Akibatnya daerah yang jauh dari matahari lebih dingin dibandingkan daerah di khatulistiwa. Dan tempat terpanas di bumi ada di sekitar khatulistiwa.
  • ·        Matahari dan kehidupan

Semua makhluk hidup membutuhkan cahaya matahari. Tanpa matahari tidak akan ada kehidupan di bumi. Tumbuhan hijaupun membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis. Karena jika tanpa tumbuhan manusia dan hewan tidak akan memiliki makanan untuk dimakan.
  • ·        Memanfaatkan matahari

Sinar matahari dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal dan keperluan manusia. Contohnya seperti jam matahari, pembuatan garam, mengeringkan pakaian, ikan, buah-buahan, dan hasil panen lainnya.
  • ·        Tenaga surya

Tenaga surya dapat digunakan untuk memanaskan gedung dan menyediakan air panas. Panel surya digunakan untuk mengumpulkan panas matahari. Cahaya matahari juga dapat menghasilkan listrik. Ataupun mengubah tenaga surya menjadi listrik.
  • ·       Melindungi diri dari sinar matahari

Orang daerah tropis berkulit gelap yang melindungi mereka dari sengatan mathari, karena memiliki melanin dalam jumlah yang cukup. Sedangkan orang berkulit gelap tidak memiliki banyak melanin sehingga meraka perlu berhati-hati di bawah matahari. Gunakanlah topi, krim matahari, dan cukup minum pada siang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar