Selasa, 29 November 2011

Air


  • ·       Pengertian air
Sebagian besar benda di bumi adalah zat padat, cair atu gas. Air dapat berwujud sebagai ketiga bentuk tersebut. Biasanya air berbentuk cairan. Ketika suhu air sangat dingin, air akan menjadi padat yang di sebut es. Air yang sangat panas akan berubah menjadi uap air yang berbentuk gas. Air dalam bentuk cairan merupakan pelarut yang sangat baik. Ini berarti bahwa bahan lainnya mudah bercampur dengan air.


  • ·        Siklus air
Jumlah air di bumi selalu sama. Air mengalir di dalam bumi dalam sebuah siklus yang tidak terputus. Air jatuh ke bumi sebagai hujan. Kemudian air mengalir ke laut melalui sungai dan anak sungai. Matahari memanasi laut, kemudian air menguap ke udara sebagai gas yang disebut uap air. Uap air mendingin dan berubah menjadi butiran air yang lebih besar. Butiran air ini jatuh ke bumi sebagai hujan. Dan itulah yang disebut dengan siklus air.
Siklus Air
  • ·       Menggunakan air
Kita menggunakan air dengan cara yang berbeda-beda. Air yang bergerak memiliki energi yang dapat digunakan untuk menggerakkan roda-roda penggiling gandum atau untuk menghasilkan listrik. Air juga dapat digunakan untuk mendinginkan mesin. Air juga digunakan untuk mencuci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar