Rabu, 30 November 2011

Minyak, Gas, dan Batu Bara

  • ·       Pengertian minyak, gas, dan batu bara
Minyak, gas, dan batu bara merupakan jenis-jenis bahan bakar. Ketiganya terbentuk dari tumbuhan dan binatang yang telah mati berjuta-juta tahun yang lalu. Sisa dari makhluk hidup ini disebut fosil. Oleh karena itu, minyak, gas, dan batu bara dikenal sebagai bahan bakar fosil. Fosil biasanya terkubur di kedalaman bumi, di bawah lapisan-lapisan batuan.
  • ·        Bagaimana minyak dan gas terbentuk?
Jutaan tahun yang lalu, binatang dan tumbuhan kecil hidup di laut. Ketika mati, mereka tenggelam ke dasar laut dan terkubur dalam pasir. Sungai-sungai membawa batu kecil dan pasir ke laut. Lapisan-lapisan batu dan pasir tertekan sehingga padat dan terbentuklah batu endapan. Binatang dan tumbuhan tadi hancur di bebatuan dan berubah menjadi minyak dan gas.
  • ·        Bagaimana batu bara terbentuk?
Batu bara ditemukan dalam lapisan batu bara yang menyelip di antara berbagai lapisan batu lainnnya. Kira-kira 350 juta tahun yang lalu, banyak bagian bumi ini tertutup daerah yang berpaya dan basah. Pepohonan dan pakis tumbuh di paya-paya. Pepohonan yang mati jatuh ke lumpur yang lembut. Disini pohon-pohon tersebut membusuk dan berubah menjadi gambut, yang secara bertahap berubah menjadi batu bara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar