Kamis, 01 Desember 2011

Energi Alam


  • ·       Sumber energi alam
Matahari, angin, dan air yang mengalir adalah sumber-sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak akan pernah habis. Panas matahari dapat digunakan untuk membuat listrik. Tenaga air dan angin dapat menggerakkan mesin. Batuan panas di bawah tanah menyediakan  panas yang disebut energi panas bumi. Semua sumber energi ini dapat digunakan secara gratis.

  • ·        Tenaga surya
Tenaga surya yaitu ‘tenaga dari matahari’. Cara temudah untuk memperoleh tenaga surya adalah dengan menangkap cahaya matahari untuk memanasi sebuah rumah kaca. Panel-panel surya sekarang digunakan untuk mengumpulkan cahaya matahari dan menyimpannya untuk pemanasan. Sel surya mengubah cahaya matahari menjadi listrik dan digunakan pada berbagai macam peralatan, seperti kalkulator saku dan satelit buatan.
  • ·        Tenaga angin
Para pelaut telah mengetahui bahwa angin yang menghembus layar kapal akan mendorong kapal untuk berlayar. Pada sekitar tahun 1150, masyarakat Eropa telah menggunakan kincir angin untuk memompa air dan menggiling gandum. Pada saat angin memutar bilah-bilah kincir angin, bilah-bilah ini memutar poros yang manggerakkan mesin di dalam kincir.
  • ·        Tenaga air
Manusia telah tenaga air untuk menggerakkan kincir air selama 2000 tahun. Kincir air dihubungan ke ke mesin yang menggerakkan roda penggiling untuk menggiling gandum. Kincir air juga dihunakan untuk menggerakkan mesin pada tempat pencucian pakaian dan pabrik lainnya. Ada 2 jenis kincir air yaitu under shoot wheel dan overshot wheel.
  • ·          Tenaga gelombang air
Gelombang terjadi karena angin bertiup melalui bentangan air yang luas di laut dan jauh dari pantai. Pada saat gelombang mencapai pantai, gelombang tersebut menerpa pantai dan mengakibatkan erosi pada batu karang. Jika energi ini dapat dikendalikan dengan baik, gelombang tersebut dapat dihasilkan untuk tenaga listrik.
  • ·        Tenaga panas bumi
Panas dapat ditangkap di dalam batuan jauh di dalam bumi. Jika air mengumpul di dalam batuan yang panas, air akan menjadi panas dan menyembur kembali ke permukaan bumi sebagai sumber air panas atau uap panas. Air panas atau uap panas dapat dialirkan ke pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal) dan digunakan untuk menggerakkan generator. Ini disebut dengan energi panas bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar