Rabu, 07 Desember 2011

Mamalia


  • ·       Pengertian mamalia
Mamalia mempunyai kerangka dalam tubuhnya. Semua mamalia menghirup udara melalui paru-paru, dan mereka berdarah panas. Semua jenis mamalia mempunyai bulu atau rambut dan hampir semuanya memiliki telinga luar.
  • ·        Berbagai jenis mamalia di dunia
Ada lebih dari 4.500 jenis mamalia, dan tiap mamalia mempunyai ukuran yang sangat berbeda, seperti paus yang besar, dan celurut kecil yang disebut ‘shrew’. Bentuknya pun berbeda-beda, contohnya landak dan jerapah. Mamalia dapat digolongkan ke dalam 20 kelompok yang terpisah, yaitu kelompok binatang pengerat merupakan kelompok terbesar, yang terdiri dari 1.750 jenis.
  • ·        Habitat mamalia
Beberapa jenis mamalia hidup di liang di bawah tanah. Ada yang tinggal di pohon yang berlubang atau di gua, dan ada juga yang membuat sarang. Beberapa mamalia hidup di hunian mereka sepanjang tahun. Yang lainnya menggunakan rumahnya sebagai tempat yang aman untuk membesarkan anak-anak mereka atau berlindung dari cuaca buruk.
  • ·        Mencari makan
Beberapa jenis seperti macan, merupakan pemakan daging. Mereka mempunyai cakar dan gigi yang tajam untuk menangkap dan memakan mangsanya. Mamalia lainnya seperti gajah, merupakan pemakan tanaman.
  • ·        Gerakan mamalia
Semua jenis mamalia harus berpindah-pindah tempat untuk mencari makan, mencari pasangan, dan untuk meloloskan diri dari bahaya. Beberapa jenis dapat bergerak dengan cepat, seperti cheetah dan kuda, dan ada juga yang bergerak lambat seperti kukang. Mamalia mempunyai cara bergeraknya masing-masing tergantung dari tempat tinggalnya. Ada yang, berlari, memanjat, meloncat, berenang, terbang, bergelantungan, dan menggali.

1 komentar: