Kamis, 08 Desember 2011

Matahari dan Bintang


  • ·       Pengertian matahari
Matahari adalah sebuah bintang dengan bentuk bola raksasa yang terbuat dari gas panas yang berputar di angkasa. Ukuran matahari satu juta lebih besar dari ukuran bumi. Suhu pada inti matahari bisa mencapai 15 juta derajat celcius. Matahari sangat besar dan panas sehingga dapat memberikan panas dan cahaya pada bumi dengan jarak 150 juta kilometer dari matahari.
  • ·        Siang dan malam
Kita mengalami siang dan malam karena bumi berputar atau berotasi pada sumbunya. Sumbu adalah garis khayal yang melintasi pusat bumi. Bumi membutuhkan 24 jam untuk sekali berputar. Dalam perjalanan rotasi, sebagian permukaan bumi menjauhi matahari. Bagian bumi tersebut berada dalam kegelapan, jadi tempat ini berada pada malam hari.
  • ·        Di matahari
Terkadang matahari memiliki bintik-bintik, yang disebut bintik matahari, yang merupakan bagian dengan warna lebih gelap dan memiliki suhu yang lebih dingin dibandingkan bagian lain di matahari. Bintik-bintik ini terlihat berjalan mengitari matahari, ini dikarenakan matahari tidak diam melainkan berotasi. Di atas bintik-bintik tersebut, aliran gas yang disebut nyala api matahari menyembur dari matahari.
  • ·        Gerhana matahari
Ketika bumi mengitari matahari, bulan mengitari bumi. Terkadang bulan tepat berada di posisi antara bumi dan matahari. Bulan menghalangi sinar matahari memancarkan bayangan ke arah sebagian permukaan bumi. Inilah yang disebut gerhana matahari. Selama gerhana matahari berlangsung, korona matahari dapat terlihat.
  • ·        Bintang
Matahari terlihat sangat besar karena letaknya yang terdekat dengan bumi. Bintang lain yang terdekat dengan bumi setelah matahari, berjarak sekitar 40 juta kilometer. Jarak antara bintang-bintang begitu besar sehingga jarak tersebut diukur dalam satuan tahun cahaya, yaitu jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun.
  • ·        Supernova
Beberapa bintang berukuran sangat besar, dan bintang-bintang ini berukuran dari tiga kali lipat ukuran massa matahari. Mereka mengembang sehingga ukurannya menjadi sangat besar saat gasnya mulai habis. Kemudian mereka meledak dan menjadi Supernova. Dan yang tersisa hanyalah sebuah bintang neutron kecil yang disebut pulsar.
  • ·        Cahaya bintang
Cahaya terbuat dari beberapa warna dan cahaya bintang dapat dipisahkan menjadi berbagai warna. Warna dalam cahaya disebut spektrum. Pada saat cahaya matahari bersinar melalui tetesan air hujan, cahaya matahari tersebut terbagi menjadi spektrum warna, maka terlihatlah pelangi di langit.
  • ·        Galaksi
Kelompok yang terdiri dari jutaan bintang disebut galaksi. Tiap galaksi mempunyai bentuk yang berbeda-beda dan diberi nama sesuai bentuknya yang terlihat di langit. Kita tinggal di galaksi spiral. Beberapa dari galaksi tersebut terdiri dari jutaan bintang yang berkumpul menjadi satu, yang disebut galaksi tidak beraturan. Galaksi memiliki 4 jenis yaitu galaksi spiral, galaksi spiral berpalang, galaksi oval, dan galaksi tak beraturan.
  • ·        Konstelasi
Konstelasi adalah pola-pola dari bintang. Orang Yunani kuno melihat adanya gambar-gambar dalam kelompok bintang. Saat ini ruang angkasa dibagi menjadi 88 buah konstelasi. Sirius adalah bintang malam yang paling terang, terkadang ia dinamai Bintang Anjing, karena ia berada dalam konstelasi yang berbentuk seperti anjing besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar