Rabu, 07 Desember 2011

Ruang Angkasa


  • ·       Pengertian ruang angkasa
Bumi memilki lapisan yang disebut dengan atmosfir. Ruang angkasa adalah semua yang berada di luar atmosfir. Ruang angkasa terbentuk dari ribuan juta galaksi tanpa dipisah benda apapun. Di galaksi terdapat bintang, planet, dan bulan.
  • ·        Astronomi
Astronomi adalah ilmu yang mempelajari ruang angkasa. Orang yang bertugas mengamati yang menyelidiki galaksi, bintang, planet, dan bulan disebut astronom. Astronom menggunakan teleskop untuk mengamati langit, yang biasanya teleskop ditempatkan di observatorium. Selama berabad-abad, para astronom hanya dapat meneliti dari bumi.
  • ·        Roket Saturnus
Amerika membuat roket Saturnus 5 untuk meluncurkan Apollo, pesawat ruang angkasa mereka. Saturnus terbagi atas tiga bagian yang disebut tahapan.  Tahap pertama mendorong roket ke langit. Kemudian saat bahan bakarnya habis, roket akan jatuh ke bumi. Lalu tahap kedua adalah mengambil alih, yakni kecepatan Saturnus bertambah. Dan tahap yang ketiga adalah membawa Apollo ke ruang angkasa.
  • ·        Pesawat ulang-alik
Sebuah roket baru diperlukan untuk setiap penerbangan. Dahulu untuk mengunjungi ruan angkasa sangatlah mahal, sehingga pesawat ulang-alikpun dikembangkan. Pesawat ini adalah pesawat ruang angkasa yang bisa digunakan berkali-kali. Bentuknya seperti pesawat terbang yang ditempelkan pada sisi roket. Pesawat ulang alik diluncurkan seperti roket, tetapi mendarat seperti pesawat terbang layang. Cara penerbangan ulang-alik yaitu setelah dua menit peluncuran, pendorong roket berbahan bakar padat jatuh ke bumi. Enam menit kemudian tangki bahan bakar dilepas agar jatuh melalui lapisan atmosfir, dimana tangki bahan bakar habis. Pesawat ulang-alik memasuki orbit sekeliling bumi.
  • ·        Stasiun ruang angkasa
Stasiun ruang angkasa tetap mengorbit mengitari bumi. Pesawat ulang-alik membawa persediaan udara, makanan, dan air dari bumi. Di stasiun ruang angkasa ini, awak pesawat dapat mempelajari bumi dan ruang angkasa. Mereka dapat mengetahui apakah tinggal di ruang angkasa dapat membahayakan tubuh manusia.
  • ·        Satelit
Satelit adalah suatu benda yang mengitari benda lain. Bulan termasuk satelit alami bumi. Ada ribuan satelit buatan yang mengitari bumi. Mula-mula satelit buatan ini diluncurkan oleh roket. Sekarang mereka dibawa ke ruang angkasa dengan pesawat ulang-alik. Satelit buatan memiliki panel surya, dan menggunakan cahaya matahari untuk menghasilkan listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar