Kamis, 01 Desember 2011

Bulan


  • ·       Pengertian bulan
Bulan adalah sebuah bola batu yang berputar di angkasa. Jarak bulan dari bumi kurang lebih 380.000 km. Bulan adalah satelit bumi. Satelit adalah benda apapun yang mengitari benda lainnya. Bulan memerlukan waktu sekitar 1 bulan (30 hari) untuk mengitari bumi. Dan perjalanan bumi mengitari bumi secara terus-menerus disebut orbit.
  • ·        Fase-fase bulan
Ketika bulan berada di antara matahari dan bumi, maka bulan tidak akan terlihat karena sisi buan yang menghadap bumi tidak terkena cahaya matahari. Fase ini disebut bulan muda. Seiring dengan perjalanan pada orbit bumi, semakin banyak bagian bulan yang terlihat setiap malam. Kurang lebih setengah bulan masa orbit bulan terhadap bumi, seluruh bagian bulan akan menghadap bumi dan bulan akan nampak utuh dan bercahaya oleh sinar matahari. Fase ini dinamakan fase bulan purnama, dan fase bulanpun berlanjut sampai kembali ke fase bulan muda.
  • ·        Gerhana bulan
Pada bulan penuh, letak bumi berada diantara matahari dan bulan, namun letak ketiganya tidak berada pada satun garis lurus. Di saat ketiganya terletak pada satu garis lurus yang mana cahaya matahari menuju bulan terhalang oleh bumi maka bayangan bumi menutupi bulan. Inilah yang disebut gerhana bulan.
  • ·        Keadaan bulan
Bulan adalah tempat yang sunyi dan kosong. Tidak ada udara maupun air, karena gravitasi di bulan tidak kuat untuk menahannya. Di bagian bulan yang terkena sinar matahari , suhunya bisa sangat panas, mencapai labih dari. Di sisi bulan yang tidak terkena sinar matahari, suhunya bisa jadi sangat dingin dibandingkan suhu paling dingin di bumi.
  • ·        Terbentuknya bulan
Sekitar 4.600 juta tahun yang lalu, kumpulan gas dan debu di ruang angkasa yang terus berputar mengelilingi matahari menjadi padat dan membentuk bulan dan bumi. Ruang angkasa tempat yang kacau karena ratusan juta tahun setelah bulan terbentuk, batuan ruang angkasa sering menabrak bulan. Hal ini yang menyebabkan terbentuknya kawah di bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar