Sabtu, 10 Desember 2011

Burung


Burung mempunyai banyak ciri yang membedakan dari binatang lain. Semua burung memiliki paruh, sayap, dan bulu. Sebagian besar burung dapat terbang, karena banyak burung yang memiliki tulang berongga sehingga tubuh mereka tubuh mereka menjadi lebih ringan di udara. Semua burung bertelur, seringkali di dalam sarang.
  • ·        Jenis burung
Diperkirakan ada 9000 jenis burung. Mereka semua memiliki beberapa ciri yang sama, tetapi besar tubuh, bentuk, dan warnanya  sangat bervariasi. Ada burung kolibri yang kecil, burung unta yang besar, burung flaminggo yang berkaki panjang, albatros yang membubung di angkasa dan masih banyak lagi. Burung terbagi dalam 30 kelompok. Kelompok terbesar adalah burung yang bertengger seperti burung gagak dan burung gereja.
  • ·        Terbang
Burung bukanlah satu-satunya yang dapat terbang. Kelelawar dan serangga juga dapat terbang. Tetapi burung adalah penerbang terbaik. Tubuh mereka yang ringan dan ramping membuatnya sempurna untuk terbang. Beberapa dari mereka mengepak-ngepakkan sayap dengan menggunakan otot dada yang kuat.
  • ·        Paruh burung
Burung menangkap makanannya dengan paruhnya. Ukuran dan bentuk paruh burung tergantung dari apa yang dimakan burung. Misalnya burung kutilang, memiliki paruh pendek dan kuat untuk memakan biji-bijian. Burung pemangsa memiliki paruh yang tajam dan bengkok untuk mencabik-cabik makanannya. Burung kolibri mempunyai paruh yang panjang dan kurus untuk mencapai bagian dalam bunga agar dapat menghisap sari bunga.
  • ·       Menetas
Seekor burung betina mungkin hanya dapat menghasilkan satu telur dalam setahun, atau paling banyak sepuluh untuk setiap kali bertelur. Beberapa telur memiliki kulit yang berwarna-warni untuk mencegah musuhnya. Salah satu dari induk burung duduk di atas telur-telur tersebut sampai menetas. Ini membuat telur-telur tersebut hangat sehingga bayi-bayi burung dapat tumbuh dengan baik. Beberapa anak burung meninggalkan sarang sesaat menetas, namun anak burung lainnya harus diberi makan oleh orangtua mereka hingga mereka mampu terbang sendiri.
  • ·        Indera burung
Sebagian besar burung mampunyai pendengaran dan penglihatan yang sangat baik, dan banyak yang dapat melihat jauh lebih baik daripada manusia. Penglihatan terbaik dimiliki oleh burung pemangsa. Beberapa burung adalah binatang malam (nocturnal), mereka menggunakan indra mereka untuk mencari makanan dan arah di kegelapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar