Sabtu, 10 Desember 2011

Reptil


  • ·       Pengertian reptil
Terlepas dari perbedaan penampilan dari berbagai reptil, mereka semua memiliki beberapa ciri khusus. Reptil memiliki tulang yang menonjol di dalam tubuh dan kulitnya yang bersisik. Semua hewan ini bernafas melalui paru-paru. Dan sebagian reptil bertelur di daratan.
  • ·        Jenis reptil
Reptil tampil dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari yang berukuran sangat besar seperti kadal serupa naga, hingga ular yang berukuran lebih kecil dari ukuran pensil. Reptil dapat dibagi dalam berbagai jenis kelompok. Lima kelomok utama reptil adalah ular, kadal, penyu, dan kura-kura, buaya dan aligator, dan tuatara. Bahkan terdapat lebih dari 6000 jenis reptil yang berbeda di seluruh dunia.
  • ·        Habitat reptil
Sebagian reptil hidup di daratan, di hutan, di padang pasir, dan bahkan di rumah manusia. Beberapa diantaranya seperti penyu dan ular laut, menghabiskan sebagian hidup mereka di sungai atau di laut. Reptil suka hidup di tempat yang hangat, karena mereka adalah hewan berdarah dingin, dan tubuh mereka tidak dapat berfungsi dengan baik di udara dingin.
  • ·        Kulit dan sisik
Semua reptil memiliki kulit yang kering dan bersisik. Sisik mereka terbuat dari potongan-potongan kulit yang tebal. Sisik-sisik melindungi reptil agar menjadi kering ketika panas, bahkan sisik ini dapat melindungi reptil dari serangan dan gangguan lainnya. Dari waktu ke waktu, kulit reptil yang telah tua akan lepas dan digantikan dengan tumbuhnya kulit baru. Sehingga reptil mempunyai kesempatan untuk tumbuh menjadi lebih besar.

  • ·        Telur dan bayi reptil
Sebagian besar bayi reptil menetas dari telur. Biasanya reptil bertelur di atas tanah di sarang yang terbuat dari tanaman, di lumpur, atau di lubang-lubang bawah tanah. Sebagian besar telur reptil memiliki cangkang yang lembut dan berlekuk-lekuk. Tetapi buaya, tokek, dan kura-kura bertelur dengan cangkang yang keras, seperti telur burung. Beberapa induknya menjaga telurnya hingga menetas, kemudian reptil-reptil muda harus menjaga diri sendiri.
  • ·        Gerakan reptil
Cara gerak reptil tergantung pada tempat tempat dia hidup. Reptil yang hidup di laut atau di dekat sungai adalah perenang yang hebat. Misalnya, penyu menggunakan kaki depannya yang kuat sebagai dayung untuk mendorong tubuhnya di air. Reptil yang hidup di hutan adalah pemanjat yang hebat. Kaki mereka memiliki cakar yang tajam untuk mencengkeram pohon. Dan di daratan kura-kura terkenal dengan gerakannya yang sangat lambat.
  • ·        Indera reptil
Reptil mempunyai indera khusus yang membantu mereka mencari tahu apa yang terjadi di sekitarnya. Ular tidak memiliki telinga dan tiak dapat mendengar dengan baik, tetapi mereka mengenali suara dari getaran tanah melalui tulang rangkanya. Kadal dan ular mencium sesuatu dengan lidahnya yang berbentuk garpu. Mereka menjulurkan lidahnya ke dalam dan keluar untuk mengenali bau di udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar