Senin, 12 Desember 2011

Angin


Angin adalah udara yang bergerak. Karena udara mempunyai bobot maka udara juga mempunyai tekanan. Udara yang berada pada lapisan teratas atmosfir menekan udara yang berada di bawahnya. Pada beberapa tempat tekanan ini bisa menjadi lebih tinggi atau lebih rendah daripada tempat lainnya. Angin terjadi apabila udara bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan rendah.
  • ·        Akibat dari angin
Tekanan udara rendah sering menimbulkan hujan dan badai. Udara bisa bergerak ke daerah yang udaranya bertekanan rendah sambil membawa angin. Angin yang kencang dapat menggerakkan berbagai benda di sekeliling kita.
  • ·        Mengukur angin
Skala yang digunakan untuk menaksir kecepatan angin dengan melihat keadaan bumi disebut Skala Beaufort. Skala ini mengukur angin dari kekuatan 0 sampai 12. Pada kekuatan 0 tidak ada angin. Tetapi jika kekuatan 12 berarti angin topan sedang berhembus. Angin topan adalah angin yang paling kuat.
  • ·        Angin topan
Angin topan adalah angin yang sangat kuat. Mula terjadinya angin ini adalah dari hujan angin ribut yang kecil disertai petir dan guruh di lautan tropis. Apabila panas dan air hangat ikut terbawa, angin topan menjadi lebih besar. Perbedaan tekanan udara menyebabkan angin membentuk lingkaran besar yang berbentuk seperti spiral.
  • ·        Tornado
Tornado adalah badai angin putar yang dahsyat. Biasanya tornado terjadi apabila hujan sangat lebat disertai petir dan guruh. Angin ini bermula di tempat udara dingin dan kering yang bertemu udara panas dan basah. Jika angin mulai berputar maka terbentuklah tornado. Putaran tornado berputar pada kecepatan yang tinggi. Angin ini bisa melemparkan mobil dan bangunan.
  • ·        Angin laut
Angin laut terjadi di dekat pantai. Pada hari yang panas dan cerah, daratan menjadi lebih cepat panas daripada laut. Udara panas di daratan menguap ke atas, dan angin dingin bergerak masuk mengambil alih tempat udara yang naik tersebut. Pada malam hari daratan menjadi lebih cepat dingin daripada lautan, dan angin bertiup ke arah lautan.
  • ·        Tenaga angin
Angin yang bergerak mempunyai tenaga. Kincir angin telah dimanfaatkan untuk menggiling padi dan memompa air, tapi sekarang kincir angin digunakan untuk mengubah tenaga angin menjadi tenaga listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar