Sabtu, 10 Desember 2011

Serangga



Serangga adalah hewan yang memiliki enam kaki. Tubuhnya terbagi dalam tiga bagian yaitu kepala (atas), dada/thorax (tengah), dan perut/abdomen (bawah). Serangga mempunyai kulit keras yang membungkus tubuhnya.
  • ·        Jenis serangga
Serangga dapat menyesuaikan diri dengan cepat pada tempat yang berbeda dan dapat bertahan hidup dengan sedikit makanan. Serangga hidup di padang pasir, di kutub, di atas gunung, di padang rumput dan taman, bahkan hidup di rumah-rumah. Mereka dapat hidup di air dan daerah yang kering. Beberapa serangga memiliki ciri istimewa yang membantu mereka bertahan hidup.
  • ·        Bentuk dan ukuran serangga
Serangga biasanya berukuran kecil. Mereka melepaskan kulit keras yang membungkus tubuhnya agar dapat tumbuh lebih besar. Serangga juga tampil dalam berbagai bentuk dan warna. Ada lima kelompok serangga yaitu kupu-kupu dan ngengat; semut, tawon, dan lebah; kumbang; kutu; dan lalat.
  • ·        Bertelur
Telur serangga berukuran kecil tapi kuat. Serangga bertelur di atas daun, di batang pohon, di atas tanah, di dalam tubuh binatang, di dalam kayu, dan di dalam air. Dan beberapa diantaranya mencari tempat yang aman dan tersedia makanan untuk anak-anak mereka.
  • ·        Berubah
Pada saat serangga muda menetas dari telurnya, sebagian besar tidak terlihat seperti serangga dewasa. Perubahan pada serangga biasanya disebut dengan metamorfosis. Pada kupu-kupu, perubahan ini terjadi dalam empat tahap, yaitu telur, larva, kepompong, dan kupu-kupu dewasa. Seekor ulat adalah larva dari seekor kupu-kupu.

  • ·        Terbang
Banyak serangga dewasa yang memiliki sayap dan dapat terbang. Kemampuan terbang ini sangat berguna bagi serangga agar dapat mencari makanan dan menghindar dari bahaya. Sebagian besar serangga mempunyai dua pasang sayap. Pada beberapa serangga, pasangan sayap tersebut digabungkan jadi satu oleh pengait-pengait tipis sehingga sayap tersebut bergerak bersama-sama di udara. Beberapa serangga seperti lalat hanya memiliki sepasang sayap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar