Sabtu, 03 Desember 2011

Planet


  • ·       Pengertian planet
Planet adalah bola yang terbuat dari batu, gas, dan cairan yang berputar-putar di angkasa, dan bumi adalah sebuah planet. Kata planet berarti ‘pengembara’. Planet terlihat seperti mengembara melintasi angkasa. Planet mengitari matahari. Jika dari bumi, planet lain terlihat seperti bintang. Tapi planet berbeda dengan bintang karena planet tidak mempunyai cahaya sendiri. Planet bercahaya karena pantulan sinar matahari.
  • ·        Tata surya
Tata surya terdiri dari matahari, planet-planet, bulan (satelit alami), dan benda lainnya yang mengitari matahari. Bumi adalah salah satu dari delapan planet yang di kenal dalam tata surya. Bumi adalah planet urutan ke-3 dari matahari. Urutan planet dalam dari matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Urutan planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
  • ·        Bagaimana bumi terbentuk?
Sekitar 4.600 juta tahun yang lalu, pada awalnya bumi merupakan tempat yang sangat panas, yang terdiri dari batuan cair dan gas. Kemudian mealiui proses selama berjuta tahun, membentuk gerak yang padat. Grafitasi bumi menahan udara. Inilah yang di sebut atmosfir.
  • ·        Merkurius
Merkurius adalahplanet yang paling dekat dengan matahari. Satu tahun di merkurius hanya terdiri dari 88 hari. Jarak antara Merkurius dengan matahari hampir tiga kali lebih dekat dibandingkan jarak bumi ke matahari. Suhu di matahari lebih panas dan terlihat lebih besar dibandingkan dari bumi. Planet merkurius adalah planet kering yang diliputi oleh kawah-kawah. 
  • Venus
Venus adalah planet terdekat ke bumi dan ukurannya lebih sedikit dari ukuran bumi. Permukaan Venus diliputi oleh awan tebal yang mengandung gas beracun. Awan ini memantulkan sinar matahari, sehingga dari bumi venus terlihat lebih bercahaya. Di bawah awan itu, permukaannya berbatu, kering, dan suhunya sangat panas.
  • ·        Mars
Mars dikenal sebagai plenet merah. Debu besi yang berkarat yang menempel pada batuan mewarnai permukaannya sehingga terlihat merah kecoklatan dan langitnya berwana jingga. Mars merupakan planet yang dingin. Kanal-kanal ada di seluruh planet, tetapi di permukaannya tidak ada air. Di bagian atas dan bawah planet ini terdapat dua tempat yang berwarna putih, di perkirakan ini adalah air yang telah membeku.
  • ·        Jupiter
Jupiter terdiri dari gas dan cairan dan mempunyai inti yang sangat kokoh. Jupiter mempunyai diameter yang berukuran hampir 143.000 kilometer. Massa Jupiter lebih besar dari massa planet yang lainnya. Jupiter memiliki 16 satelit alami, 4 diantaranya adalah Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.
  • ·        Saturnus
Saturnus adalah planet terbesar ke dua di tata surya. Saturnus memiliki 20 satelit alami dan memiliki cincin yang indah. Cincin tersebut terbentuk dari serpihan batu kecil dan es. Walaupun planet ini sangat besar, tapi massa planet ini amat ringan.
  • ·        Uranus dan Neptunus
Planet ini ditemukan dengan bantuan teleskop. Uranus tersembunyi di balik awan gas yang berwarna hijau. Uranus berputar mengelilingi matahari dengan waktu 84 tahun di bumi. 1 tahun di Neptunus sama dengan 164 tahun di Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar