Selasa, 29 November 2011

Udara



Udara ada di sekeliling kita. Kita tidak dapat melihat atau mencium bau udara kecuali kalau udara berbaur dengan bahan lainnya. Lapisan bumi yang menyelimuti bumi disebut atmosfir. Lapisan ini menangkap sebagian besar panas matahari dari bumi.

·       Apakah udara itu?
Udara yang mengelilingi kita adalah campuran gas. Oksigen dan nitrogen merupakan bagian yang terbesar, sedangkan karbon dioksida dan gas-gas lainnya jumlahnya lebih sedikit. Udara juga mengandung uap air. Uap air ini menjadi dingin dan membentuk kumpulan titik air yang disebut awan.
·       Udara untuk kehidupan
Hampir semua makhluk hidup di bumi memerlukan udara untuk bertahan hidup. Oksigen yang ada di udaralah yang kita perlukan. Oksigen dalam darah mengalir mengelilingi tubuh kita. Oksigen membantu untuk menguraikan makanan di dalam sel-sel tubuh kita untuk memberi tenaga. Proses ini menghasilkan gas yang disebut karbon dioksida. Udara yang kita hembuskan keluar mengandung karbon dioksida dan uap air.
·       Tekanan udara
Udara yang berada di atmosfir sangat berat, dan udara menekan kita ke bawah. Inilah yang disebut tekanan udara. Udara menyebar kemana-mana untuk mengisi ruang-ruang yang dapat dimasuki.
·       Daya tolak udara
Udara memiliki daya tolak terhadap benda-benda, ia mendorong benda itu ke arah yang berlawanan. Daya tolak inilah yang mambuat para penerjun payung jatuh ke bumi dengan perlahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar