Rabu, 30 November 2011

Listrik

  • ·       Pengertian listrik
Listrik, panas dan cahaya merupakan energi. Semua benda hidup membutuhkan energi. Energi dapat disimpan dan dilepaskan untuk melakukan pekerjaan yang berguna. Sebuah pembangkit tenaga listrik, pembakaran bahan bakar melepaskan untuk menghasilkan listrik. Energi dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Salah satunya adalah bola lampu yang dinyalakan, listrik mengalir ke bola lampu. Energi diubah menjadi panas dan cahaya.
  • ·        Listrik statis
Listrik statis disebabkan oleh gesekan, yaitu ketika dua permukaan saling bergesekan. Kata statis berarti ‘tidak bergerak’. Listrik statis tidak mengalir melalui kawat.
  • ·        Penemuan listrik
Listrik sudah di temukan oleh orang Yunani kuno lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Mereka menemukan bahwa jika sebuah batu amber digosokkan pada sepotong kain sutra, maka debu, jerami, dan bulu-bulu akan menempel pada batu ini. Kata listrik berasal dari kata Yunani ‘elektron’ yang berarti amber. Pada tahun 1752, seseorang dari Amerika bernama Benjamin Franklin membuktikan bahwa awan petir mengandung listrik.
  • ·        Sirkuit listrik
Baterai memberi listrik dorongan energi untuk membuatnya bergerak. Listrik tidak akan mengalir melalui beberapa bahan. Bahan yang mengalirkan listrik, seperti logam disebut konduktor (penghantar listrik). Bahan yang tidak dapat mengalirkan listrik, seperti listrik dan karet, disebut dengan isolator (penghambat listrik). Jika kawat-kawat logam dihubungkan ke dua kutub baterai, mereka membentuk suatu penghantar listrik. Inilah yang disebut sirkuit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar