Minggu, 29 Januari 2012

Gurun Pasir

Gurun pasir adalah daerah yang sangat sedikit mendapat hujan. Karena cuacanya hamper selalu kering, maka hanya sedikit tumbuhan yang hidup di sana. Biasanya gurun pasir panas pada siang hari dan dingin pada malam hari. Dan ada juga gurun pasir yang dingin sepanjang tahun.

  • ·        Letak gurun pasir

Letak gurun pasir dapat ditemukan di tempat angin kering berhembus melintasi daratan. Tempat ini merupakan daerah yang jauh dari laut, dan tidak dapat dijangkau oleh angin laut yang lembab. Biasanya gurun pasir terletak di daerah tropis sekitar khatulistiwa.
  • ·        Ciri gurun pasir

Gurun pasir bisa saja berpasir, berbatu, atau bercadas. Pada gurun pasir angin kencang dapat meniup pasir sehingga membentuk bukit pasir. Jika anginnya kencang dapat menerbangkan pasir dan debu atau mengikis bebatuan dan mengubah bentuk bukit pasir.
  • ·       Cuaca gurun pasir

Gurun pasir merupakan tempat yang sangat kering. Angin kering menghembuskan udara panas atau dingin melintasi daratan. Ada juga gurun yang panas sepanjang tahun. Terkadang terdapat hujan yang sangt deras yang menyebabkan hewan dan tumbuhan tenggelam tersapu banjir.
  • ·        Tumbuhan

Tumbuhan gurun mempunyai berbagai cara untuk bertahan hidup di daerah kering dengan sedikit air. Beberapa contoh tumbuhan yaitu kaktus, century, opium Meksiko, welwitschia, dan yang lainnya.
  • ·        Hewan

Beberapa contoh hewan gurun yaitu tupai tanah, burung culik-culik tanah, burung hantu, serigala fennec, kangguru, jerboa, gemsbok, dan unta. Salah satu hewan yang cocok hidup di gurun pasir adalah unta. Hewan ini dapat minum air sebanyak 100 liter sekaligus, kemudian dapat bertahan seminggu penuh tanpa minum lagi. Unta dibagi dua jenis yaitu unta dromedary (memiliki satu punuk) dan unta baktria (memiliki dua punuk).
  • ·        Kehidupan penduduk


Suku pengembara di gurun pasir berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari tanah pengembalaan dan air. Mereka menggunakan unta atau keledai untuk memindahkan tenda dan barang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar