Minggu, 29 Januari 2012

Samudera

Sebagian besar bumi tertutup air. Air ini mengelilingi daratan, dan setiap permukaan air yang luas disebut samudera. Dan ribuan jenis tumbuhan dan hewan hidup di samudera.

  • ·       Letak samudera

Samudera dibagi empat yaitu samudera Artik, Hindia, Atlantik, dan Pasifik. Samudera pasifik adalah samudera terluas, dan samudera ini hampir menutupi permukaan bumi karena luasnya lebih besar daripada seluruh daratan disatukan sekalipun. Samudera mencakup kumpulan bagian yang lebih kecil yang disebut laut.
  • ·        Ciri samudera

Samudera selalu mengalami pasang naik dan pasang surut. Pasang surut di lautan karena gaya tarik matahari dan bulan terhadap bumi. Air laut rasanya asin karena mengandung berbagai mineral.
  • ·        Suhu samudera

Di dekat khatulistiwa suhu samudera panas, sedangkan di dekat kutub utara dan selatan samudera sangatlah dingin sehingga permukaannya membeku. Pada umumnya, semakin dalam samudera semakin dingin suhunya.
  • ·        Tumbuhan

Tumbuhan yang hidup di samudera harus mampu bertahan hidup di air asin. Berbagai contoh tumbuhan laut yaitu pohon bakau, rumput cord, eelgrass, alga, dan yang lainnya.
  • ·        Hewan samudera

Berbagai jenis hewanpun hidup di samudera. Seperti ikan, mamalia, reptil, burung, dan makhluk luar biasa. Contoh dari ikan yaitu ikan tuna, ikan pari, ikan hiu, paus biru, ikan sarden, ikan lentera, dan ikan plaice. Contoh dari mamalia dan reptile yaitu lingsang laut, anjing laut, ular laut, paus pembunuh, lumba-lumba, penyu, dan yang lainnya. Contoh dari burung yaitu burung camar, burung puffin, albatross, burung gannet, burung storm, burung pelican, dan penguin. Sedang kan contoh makhluk luar biasa yaitu ubur-ubur, anemone laut, kuda laut, gurita, bintang laut, kepiting, dan plankton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar