Jumat, 27 Januari 2012

Salju

Awan terdiri dari butiran air yang sangat kecil, dan butiran yang membeku berubah menjadi kristal es. Kristal es ini bergerak di dalam awan dan saling bertubrukan dan saling melekat. Kemudian kristal es menjadi cukup besar dan berat, lalu jatuh dari awan. Jika sudah membeku kristal ini akan turun sebagai salju.

  • ·        Hujan es

Terkadang bola es yang keras terbentuk di dalam awan badai. Bola ini terlempar kesana kemari di dalam awan dan berbenturan dengan butiran air yang kecil. Butiran ini akan membeku dan menyatu dengan bola es sehingga mempertebal lapisan es. Ketika bola sudah cukup berat mereka jatuh ke tanah dengan kekuatan yang besar yang disebut hujan es.
  • ·        Mencair dan membeku

Cuaca yang dingin dapat membekukan permukaan bumi. Hujan yang turun dapat membekukan permukaan tanah dan membentuk lapisan es. Lapisan ini sangat berbahaya karena dapat menyulitkan manusia untuk berjalan atau mengendarai kendaraan. Mobil dapat tergelincir di jalan, dan air di dalam pipa dapat membeku.
  • ·        Badai salju

Badai salju adalah sebuah hujan salju yang kuat dengan angin yang bertiup kencang. Badai salju sangat berbahaya karena suhu yang dingin membekukan, sehingga sulit untuk bergerak dan melihat.
  • ·        Daerah bersalju

Di kedua ujung dunia terdapat Kutub Utara dan Kutub Selatan. Daerah di Kutub Utara disebut Artik. Daerah ini terdiri dari laut yang membeku. Daerah di Kutub Selatan disebut Antartika. Daerah ini merupakan daerah terdingin di dunia. Hampir sepanjang tahun daratan kutub ini membeku dan tertutup salju dan es.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar