Sabtu, 28 Januari 2012

Hutan Tropis

Hutan tropis adalah hutan yang terdiri dari pepohonan tinggi dan banyak tumbuhan lainnya, yang semuanya tumbuh dengan lebat. Udara di hutan tropis selalu panas dan lembab sehingga tumbuhan dapat tumbuh sepanjang tahun.
Hutan tropis memiliki variasi tanaman dan hewan terbesar di dunia, bahkan manusia juga tinggal disana.



  • ·        Letak hutan tropis

Sebagian besar hutan tropis tumbuh di belahan bumi yang panas dan lembab yang disebut daerah tropis. Daerah tropis terletak di sekitar khatulistiwa. Karena khatulistiwa adalah daerah yang memiliki cuaca yang paling hangat.
  • ·        Ciri hutan tropis

Di dalam hutan tropis udaranya panas dan suasananya suram dan sering kali terasa lembab. Banyak pepohonan yang sangat tinggi dan tumbuh berdekatan. Dedaunan dan cabang-cabang dari pepohonan ini berfungsi sebagai payung yang melindungi pohon tersebut dari panas sinar matahari.  Bagian atas dedaunan yang tebal ini disebut kanopi hutan.
  • ·        Cuaca hutan tropis

Hutan tropis adalah daerah panas dan basah sepanjang tahun. Salah satunya adalah pohon-pohonnya dapat menghasilkan hujan. Akar-akar yang besar menyerap dari tanah, kemudian air diisap melalui batang menuju dedaunan. Panas membuat air didalam daun menguap ke udara. Uap air ini berkondensasi untuk kemudian membentuk awan.
  • ·        Tanaman

Pohon adalah tanaman hutan hutanh tropis yang paling besar. Terdapat banyak pohon yang memiliki akar yang sangat besar yang muncul diatas tanah. Akar ini disebut akar penopang. Contoh tanaman lainnya seperti, tanaman lada, bromeliad, kantung semar, passion plant, dan bunga bangkai Raflesia Arnoldi.
  • ·        Hewan

Beberapa contaoh hewan hutan tropis adalah kukang, kelelawar, ular anaconda, jaguar, monyet labah-labah, katak beracun, orang utan, tapir, dan yang lainnya. Dan beberapa contoh hewan kecilnya yaitu semut, kupu-kupu morpho, kumbang perisai, rayap, kumbang emas, labah-labah raksasa pemakan burung.
  • ·        Manusia di hutan tropis

Orang-orang di hutan tropis memburu binatang untuk memakan dagingnya. Mereka juga mengumpulkan berbagai buah-buahan. Mereka juga menggunakan bahan tanaman dan kulit hewan untuk dijadikan pakaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar