Jumat, 03 Februari 2012

Batu dan Mineral

Batu adalah salah satu bagian bumi yang keras. Batu membentuk lapisan luar bumi yang disebut kerak bumi. Tanah terbuat dari batu yang terkikis, seperti pasir, tanah liat, dan sisa-sisa binatang atau tanaman. Dan beberapa batu lainnya mengandung logam dan mineral yang berharga.

  • Terbentuknya batu
Batu yang meleleh disebut magma. Ada juga yang keluar melalui gunung berapi. Magma yang sampai ke permukaan bumi disebut lahar. Lahar menjadi dingin dan mengeras menjadi batu. Batu ini disebut batuan beku. Dan batu basal adalah batu biasa yang terbuat dari lahar.
  • Batu granit
Batu granit adalah batu yang terbuat dari magma. Magma menjadi dingin dan mengeras dibawah permukaan bumi. Biasanya granit adalah batu yang hanya muncul di permukaan bumi setelah batu yang di atasnya habis terkikis.
  • Batu sedimen
Batu sedimen terbuat dari potongan kecil batu lainnya yang telah terkikis. Sungai menghanyutkannya ke laut, dan lama kelamaan sedimen ini memadat di dasar laut.
  • Terbuat dari apakah batu itu?
Batu terbuat dari mineral dan beberapa batu terbuat dari satu jenis mineral, namun kebanyakan batu terbuat dari dua jenis mineral atau lebih. Contohnya sebagian besar batu gamping terbuat dari mineral kalsit (calcite). Biasanya granit terbuat dari tiga jenis mineral yaitu feldspar merah atau kelabu, kuarsa karca, dan mineral hitam/mika.
  • Mineral dan logam
Salah satu contoh mineral adalah berlian, benda alam paling keras yang dapat digunakan untuk memotong kaca. Mineral lain seperti kuarsa juga sangat keras. Tetapi beberapa mineral lainnya sangat lunak. Contoh mineral lunak yaitu Talk, yang digunakan untuk bedak tabur. Beberapa mineral mengandung logam yang disebut bijih. Biasanya bijih digunakan untuk membuat baja. Untuk memperoleh logam, bijih-bijih harus dipanaskan. Logam dapat digunakan untuk membuat berbagai benda seperti mobil, kaleng, dan pipa.
  •  Logam mulia
Logam yang sangat berharga dan menarik untuk dilihat contohnya seperti emas, perak, dan platina. Biasanya logam-logam jenis ini jarang ditemukan, dan hanya ada dalam jumlah sedikit. Selama beratus-ratusan tahun emas dan perak digunakan untuk membuat perhiasan dan uang logam.
  • Batu lainnya
Banyak mineral yang indah untuk dijadikan perhiasan. Contohnya seperti agate, carnelian, akik, biaduri, mata kucing, dan batu pirus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar