Minggu, 05 Februari 2012

Gempa Bumi

Tanah dapat bergetar secara tiba-tiba atau terbelah tanpa ada tanda apapun sebelumnya. Getaran tersebut dapat terjadi dalam satu menit atau lebih dan dapat menyebabkan kerusakan berat. Gedung dan manusia dapat terbunuh. Inilah yang disebut gempa bumi.

  • Penyebab gempa
Kerak bumi yang keras adalah tanah tempat kita tinggal. Lapisan ini retak dibanyak tempat, dan retakan itu disebut patahan. Bebatuan dapat bergerak secara tiba-tiba sepanjang patahan tadi dan menimbulkan gempa.
  • Seberapa kuatkah gempa?
Dalam setahun terjadi kira-kira 500.000 gempa. Biasanya gempa tersebut amat lemah sehingga tidak terasa getarannya. Banyak juga gempa terjadi di bawah laut dan jauh dari daratan. Sebagian kecil dari gempa yang sangat kuat menyebabkan kerusakan hebat.
Gempa di Chili
  • Daerah gempa
Gempa yang paling kuat terjadi di daerah gempa. Bagian kerak bumi tersebut dinamakan lempeng bumi yang saling mengisi seperti mata gergaji. Daerah gempa berada di sebagian benua Amerika, Samudera Pasifik, sebagian benua Afrika, Samudera Hindia, Selandia Baru, Asia selatan, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.
  • Gempa bawah laut
Di antara rangkaian pegunungan bawah laut terdapat lembah yang dalam. Lembah ini merupakan pinggiran dari lempeng bumi yang perlahan bergerak saling menjauh, dan ketika mereka bergerak maka dasar laut akan bergetar. Ketika terjadi gempa di bawah laut air laut terganggu, akibatnya akan timbul ombak raksasa yang bergerak cepat dan memukul pesisir pantai. Gelombang ini disebut 'Tsunami'.
Seismograf Modern
  • Mempelajari gempa
Ilmu yang mempelajari gempa disebut seismologi, lalu orang yang mempelajari gempa disebut seismolog, dan alat untuk mencatat dan mengukur gempa disebut seismograf. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar