Rabu, 22 Februari 2012

Penglihatan

Kita bisa melihat karena mempunyai mata. Mata berbentuk seperti bola kecil yang dilindungi oleh tulang tengkorak. Kelopak mata dan air mata, bersama-sama membersihkan mata setiap mata berkedip. Alis mata dan bulu mata melindungi mata agar tidak dimasuku kotoran dan keringat.

  • Mata dan cahaya
Cahaya masuk ke dalam mata melalui pupil yitu bulatan kecil berwarna hitam yang ada di tengah-tengah mata. Bagian mata yang berwarna disebut iris yang dapat membesarkan dan mengecilkan biji mata. Di dalam cahaya yang terang biji mata mengecil, sedangkan di dalam yang gelap biji mata membesar.
  • Cara mata bekerja
Cahaya masuk dan melewati lensa mata, membentuk gambar terbalik di bagian belakang mata yang sangat peka yang disebut retina. Di dalam retina ada sel saraf yang disebut batang dan kerucut. yang tanpa henti-hentinya mengirim pesan kepada otak melalui saraf optik mengenai apa yang kita lihat.
  • Kemampuan mata dalam penglihatan
Terkadang orang menderita rabun jauh yitu tidak dapat melihat benda-benda yang berjarak jauh, dan rambut dekat apabila dia tidak dapat melihat benda yang jaraknya dekat. Biasanya untuk memfokuskan benda berjarak jauh, lensa berubah menjadi lebih pipih. Sedangkan untuk memfokuskan benda jarak dekat lensa berubah menjadi cembung.
  • Kerabunan dan kebutaan
Terkadang kecelakaan atau penyakit dapat menyebabkan seseorang menjadi buta. Sebagian orang tidak buta total tetapi masih bisa melihat benda yang berdekatan dengan mata mereka, hal ini disebut rabun. Huruf untuk orang buta membaca disebut Braille.
  • Melihat sekeliling
Mata dapat digerakkan ke atas, ke bawah. Dan dari kiri ke kanan. Tiga pasang otot kecil menggerakkan mata ke atas ke bawah, dan dari satu sisi ke sisi yang lain di dalam rongga mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar