Jumat, 03 Februari 2012

Gunung

Gunung adalah tanah yang menjulang tinggi ke atas. Banyak gunung yang memiliki lereng berbatu yang curam dan puncak yang tajam. Gunung lain memiliki lereng yang lebih landai dan puncak yang berbentuk busur.

  • Pegunungan
Gunung yang menyatu dalam satu barisan yang dinamakan pegunungan. Beberapa pegunungan muncul dari dasar samudera tetapi puncak mereka tersembunyi dibawah air. Pegunungan tertinggi di daratan adalah pegunungan Himalaya. Gunung tertinggi di dunia Mount Everest adalah bagian dari pegunungan Himalaya.
  • Lipatan gunung
Di permukaan bumi suhunya sejuk, sehingga kerak bumi dapat terbentuk. Bila kerak ini retak, bagian-bagian yang besar saling mendorong begitu keras sehingga lapisan batu terdorong ke atas dan membentuk lipatan. Inilah yang muncul dan membentuk gunung berapi.
  • Gunung berapi
Gunung berapi menyemburkan batu panas cair dari dalam bumi melalui celah-celah di tanah. Kadangkala gunung berapi meletus dengan menyemburkan lahar dan abu ke udara. Abu dan lahar yang tertimbun akan menumpuk dan mengeras, kemudian terjadilah sebuah gunung yang lain.
  • Gletser
Gletser biasanya terjadi karena salju yang turun dan tertimbun dalam celah di sisi gunung membentuk es padat. Kemudian es meluap keluar dan perlahan-lahan bergerak menuruni bukit.
  • Tumbuhan gunung
Aneka ragam tanaman tumbuh di berbagai ketinggian di gunung. Biasanya pepohonan hanya tumbuh di lereng yang lebih rendah. Titik tertinggi dimana pohon dapat tumbuh dinamakan tree line. Dikitinggian ini kebanyakan tanaman merupakan tnaman kecil yang menempel ke tanah.
  • Binatang gunung
Banyak berbagai binatang gunung. Contohnya seperti yak yang tinggal di pegunungan Himalaya, bighorns di pegunungan Rocky, klipspringer di pegunungan Afrika Selatan, ibex di pegunungan Eropa dan Asia, kondor andes di pegunungan Andes, dan marmot. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar