Sabtu, 25 Februari 2012

Pendengaran

Kita dapat mendengar suara yang sangat lembut seperti lalat, dan kita bisa mendengar suara yang sangat keras seperti bunyi pesawat terbang. Mendengar dapat memberitahu hal-hal yang tidak dapat kita lihat.


  • Cara mendengar
Bagian luar telinga digunakan untuk menangkap bunyi. Bunyi-bunyian biasanya bergerak melalui udara. Kemudian udara melewati lubang telinga mnuju gendang telinga. Lalu gelombang suara akan menggetarkan telinga tengah dan dalam. Pesan disalurkan ke otak melalui saraf pendengaran.

  • Mendengar bunyi-bunyian
Bunyi-bunyian menembus udara pada kecepatan 340 m/s. Bunyi-bunyian lembut sama cepatnya dengan bunyi yang keras, tetapi tidak bergerak terlalu jauh. Untuk mendengar semua bunyi-bunyian di sekeliling kita, gelombang suara harus sampai ke gendang telinga kita dan menggetarkannya.

  • Perawatan telinga
Kita perlu merawat telinga kita agar dapat mendengar dengan jelas. Salah satunya dengan cara membersihkannya agar tidak terlalu kotor. Jangan suka mendengar suara yang sangat keras dan jangan memasukan benda apapun kedalam telinga karena dapat merusak dan menggangu pendengaran.

  • Mendengar dari kejauhan
Jika ingin mendengar suara lebih jelas, kita bisa mendekati sumber bunyi itu. Kadang kala hal ini tidak mungkin dilakukan sehingga diciptakan mesin untuk membantu, seperti pengeras suara, radio, dan telepon agar suara dapat didengar dari kejauhan. Terkadang bunyi dapat terpantul dengan sendirinya dan menimbulkan suara gaung (gema).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar